Wabup Raih Satya Lencana Melati Pramuka

Bookmark and Share

BANDUNG-Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturachman (KF) raih penghargaan Satya Lencana Melati sebagai andalan daerah Jawa Barat. Penyerahan penghargaan langsung diberikan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf selaku Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa barat di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat (25/9). Penyerahan penghargaan tersebut diberikan kepada orang-orang yang berjasa dalam menikatkan gerkan Pramuka di daerah. Penghragaan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka ke-51 tahun 2012.
Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Asrul Aswar yang dibacakan Dede Yusuf mengatakan, kepada penerima penghargaan Pramuka saya ucapkan selamat atas jasa-jasanya meningkatkan kualitas Pramuka, semoga upaya tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan. Dalam upaya mengangkat eksistensi Pramuka Kwarda senantiasa melakukan beberapa kebijakan revitalisasi gerakan pramuka. 
“Revitalisasi Pramuka tersebut diantaranya dengan dengan tiga pilar yakni, pemberdayaan gugus depan, penampilan penggunaan tanda-tanda pengenal Pramuka, dan meningkatkan kepedulian sosial. Revitaslisasi Pramuka ini telah berjalan selama enam tahun,  dan telah memperlihatkan hasil yang menggembirakan. Dalam kurun waktu enam tahun tersebut, akhirnya mampu mengubah cara pandang masyarakat. Harus diakui di sekeliling kita banyak kejadian yang dapat mengancam moral anak bangsa, untuk mengatasinya kita dapat mengamalkan satya dan dasa dharma Pramuka”, jelas Dede.

Kemudian ditambahkannya,  Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan, dasar hukum Pramuka, pembaharuan pendidikan Pramuka, dan kemandirian organisasi. Artinya setiap Kwartir harus membentuk unit-unit usaha yang dapat bekerjasama dengan pihak ketiga asalkan bisa menguntungkan Pramuka. Jadi tidak selalu tergantung pada pemerintah saja kendati bantuan tersebut sudah diatur dalam undang-undang. 
“Penyelenggaraan kepramukaan sudah dapat diukur input maupun outputnya, saya merasa bangga karena sangatlah tepat memilih ekstrakulikuler Pramuka di sekolah. Semoga kegiatan Pramuka ini dapat membentuk karakter pemuda yang lebih baik kedepan.  Gerakan Pramuka tetap relevan dengan pekembangan jaman, untuk itulah Pramuka ingin membentuk pemuda bukan hanya cerdas tapi juga berbudi pekerti luhur”, tambah Dede.
Tema peringatan HUT Pramuka ke 51 ini adalah tingkatkan kemandirian Pramuka untuk membentuk karakter kaum muda bangsa. Selain Wbup KF, yang menerima penghargaan Lencana Melati lainnya adalah Kawarcab Kota Depok, Sukabumi, dan Kota Bekasi. Diberikan juga Lencana Wiratama dan Lencana Teladan kepada anggota pramuka terbaik. Sementara untuk penyematan Pramuka Garuda diberikan kepada anggota yang berasal dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Majalengka, Sumedang, Tasikmalaya, dan Kabupaten Kuningan. 
Upacara dihadiri 7500 peserta, yang berrasal dari anggota Pramuka se-Jawa Barat. Hadir pula Kapolda Jawa Barat, Pangdam Siliwangi, Kajari Jawa Barat, Kepala Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Kanwil Kementrian Agama Jawa Barat, Bupati dan Walikota se-Jawa Barat. Dalam upacara tersebut anggota Pramuka menunjukan kebolehannya melakukan sendatari,  Aksi terjun payung oleh anggota Pramuka berprestasi di Asia dan Amerika. (Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar